Cari Blog ini

Rabu, 09 Agustus 2023

Ragi - Yeast Red Star



Disini saya akan membahas mikroorganisme Ragi / Yeast yang pernah saya pakai untuk meracik minuman wine selama ini, dengan varian produk berbeda walaupun jenis strain ragi yang sama yaitu Saccharomyces Cerevisiae dengan merek dagang Red Star.
Banyak merek yeast import khusus wine yang beredar di pasaran, misal : Fermentis, Lalvin, dll, masing masing yeast memberikan karakter dan aroma wine berbeda, tergantung selera masing masing.
Saya memilih merek Red Star karena proses fermentasi bisa diatas suhu 30 derajat celsius , yeast nya lebih strong, karakter alkohol nya mantap.

Beberapa jenis yeast disesuaikan dengan kebutuhan fermentasi :

1. Red Star Premier Rouge

Red Star Premier Rouge, ragi wine (Davis 904), merupakan strain ragi Saccharomyces Cerevisiae turunan koleksi Institut Pasteur di Paris. Ragi ini merupakan fermenter yang kuat dan stabil yang menghasilkan anggur merah yang full-bodied. Ragi ini juga membantu berkembangnya rasa buah, yg diseimbangkan dengan aroma kompleks, terutama jika menggunakan anggur Carbernet.

Catatan: harap tunggu must (olahan buah) agak dingin sebelum memasukkan ragi, supaya ragi tidak mengalami shock suhu. Ragi ini jg dikatakan dapat memberikan karakter untuk anggur merah yang kurang mantep, yang dipanen sebelum kondisinya optimal.

Paling cocok untuk: Berry and Cherry Wine, jenis anggur Cabernet, Gamay, Merlot, Pinot, Syrah, Zinfandel.
Fermentation Temp Range (°F) : 64-86 atau 18-30°C
Apparent Attenuation Range (%) : n/a
Flocculation : Low
Alcohol Tolerance : 16%
Info wine : homebrewing.org & midwestsupplies.com


2. Red Star Premier Blanc

Ragi ini cocok untuk: semua jenis anggur putih terutama Cabernet, cider, dry whites, buah, mead (fermentasi madu) dan port.
Fermentation Temp Range (°C): 15-30
Flocculation : Medium-Low
Alcohol Tolerance : 13-15%, tapi bisa lebih dari 16% kalau kondisi sehat dan bugar.
Pitching/Fermentasi : Ragi Premier Blanc dapat memfermentasi sampai sangat dry (SG 0.990).


Ragi ini juga digunakan untuk mengkarbonasi (soda) langsung di dalam botol, untuk minuman bersoda dan champagne.
Notes : Red Star Pasteur Blanc dulu pernah dikenal sebagai ragi champagne. Strain ragi ini memiliki toleransi yang kuat terhadap sulfur dioksida bebas.


3. Red Star Premier Cuve'e

Red Star Premier Cuve'e juga dikenal sebagai ragi "Prize de Mousse". Salah satu ragi anggur Red Star tercepat, terbersih, dan paling netral, strain ini direkomendasikan untuk anggur merah, putih, dan terutama campanye. Baik untuk memulai kembali fermentasi yang macet.


Kisaran suhu: 7-35°C.
Toleransi Alkohol: 18%.
Kalau mau buat sparkling wines, lebih cocok Red Star Premier Cuvée.


4. Red Star Premier Classique

Red Star Premier Classique : Fermentor yang kuat dengan toleransi alkohol yang baik (13%) yang berguna untuk memproduksi anggur merah dan putih dry dan full body. Akan memunculkan anggur dengan warna intens dan kompleksitas rasa yang luar biasa sambil mempertahankan kandungan tanin. 

Ragi ini akan menghasilkan gas hidrogen sulfida dengan adanya senyawa belerang berlebih dan oleh karena itu tidak boleh digunakan untuk memfermentasi anggur yang mengandung sisa debu belerang.


5. Red Star Cote des Blancs

Juga dikenal sebagai "Epernay II", direkomendasikan untuk jenis buah anggur Chardonnay, Riesling, mead, cider.

Strain ragi ini memberikan aroma buah pada anggur merah dan putih. Fermentor lambat yang bekerja paling baik antara 10-27°C. Strain ini tidak akan memfermentasi hingga "Dry" pada kisaran rendah, menyisakan sisa gula yang menghasilkan anggur yang lebih manis.


Note : Peyimpanan ragi / yeast harus ke kulkas dibungkus dengan plastik rapat supaya tidak terpapar udara luar dan keluarkan dari kulkas sekitar 1 jam sebelum dipakai, biar tidak kaget / shock dengan perbedaan temperatur di luar kulkas.


Kemasan Repack 5gram


Salam Fermentasi 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengolahan Wine Rumah : Anggur, Nanas, Salak, Madu dan Jeruk

Di artikel ini saya akan memperdetail proses ingredients dalam pengolahan wine skala rumah, Anda disarankan untuk bisa "improvisasi&quo...